Penjelasan Tetang Layer Pada Photoshop

Tutorial Photoshop kali ini adalaha akan menerangkan sedikit tentang layer pada photoshop yang mungkin memudahkan anda untuk mengedit sebuah objek tanpa mengganggu objek yang lain, jika Anda sedang mengedit gambar 1 sebagai Background maka gambar 2 tidak akan terpengaruh sebagai objek/model, begitu juga sebaliknya.



berikut contoh nya



setiap Layer berisi objek sehingga setiap objek dapat diedit tanpa mengganggu objek lainnya. Ketika Anda memberikan efek tertentu (layer style) pada sebuah layer, maka Anda dapat menduplicate/menggandakan layer tersebut dengan cara "Crtl+J" dengan corak dan bentuk yang sama, berikut penjelasannya.




A. Blending Option
Digunakan untuk mengatur Efek-efek tertentu proses yang terjadi pada pixel-pixel layer terhadap layer yang ada posisinya berada di bawahnya.

B & C. Layer Thumbnail
Ini adalah tampilan gambar kecil dari gambar asli. Jika layer merupakan sebuah tulisan atau text, maka gambar tampilannya adalah sebuah huruf T.
Jika tanda mata di sebelah kiri layer terlihat maka menunjukkan bahwa layer tersebut adalah layer yang dalam kondisi aktif atau terpilih. tetapi sebaliknya jika tanda mata di sebelah kiri layer hilang maka layer tersebut dalam kondisi tidak aktif.
setiap layer mempunyai nama yang berbeda beda atau bisa juga anda memberikan nama tersendiri dengan cara klik kiri sebanyak 2x. 
Secara default, Photoshop akan membuat layer dengan nomor yang berurutan, namun saat melakukan klik 2 kali, harus tepat pada nama layernya, karena kalau tidak, maka kita justru masuk ke pengaturan Layer Style. Jika klik 2 kali dilakukan pada thumbnail text layer, maka kita akan langsung membuat blok pada layer tulisan tersebut.

D. Eye Ball / Visibility
Digunakan untuk mengatur tentang tampil atau tidaknya sebuah layer yang sedang Anda kerjakan dengan Photoshop. Cara pakainya, dengan melakukan klik pada icon tersebut.

E. Link
Pada bagian ini digunakan untuk membuat agar bisa mengelompokkan banyak layer sekaligus. Cara memakainya dengan memilih nama-nama layer yang diinginkan (dengan Shift + Klik), kemudian klik icon ini.

F. Layer Style
Menu ini digunakan untuk membuat layer yang berfungsi seperti menu Layer > Layer style.

G. Add Layer Mask
Icon ini digunakan untuk menutup/melindungi sebagian/seluruh lapisan gambar dari proses pengeditan, bisa juga memberikan warna tertntu pada objek agar tidak keluar dari seleksi yang di inginkan.

H. New Adjustment Layer
Icon ini digunakan untuk membuat layer yang berfungsi sebagai pengubahan warna agar tidak mengganggu pada layer yang sedang kita gunakan sebelumnya.

I. Layer Group
Icon ini digunakan untuk mengelompokkan beberapa layer menjadi suatu Layer, agar mempermudah proses pekerjaan yang menggunakan banyak sekali layer.

J. New Layer
Icon ini digunakan untuk membuat layer baru yang kosong, atau pun untuk membuat duplikat layer. Untuk membuat duplikat layer, lakukan dengan cara menggeser nama layer ke icon ini.

K. Delete Layer
Icon ini digunakan untuk menghapus layer. Aktifkan layer yang ingin dihapus, kemudian klik icon ini, atau bisa juga menekan "Del" pada keyboard anda.

L. Opacity
Mengapa ada angka 100 pada bagian ini, ya bagian ini digunakan untuk mengatur tingkat transparansi layer. Semakin kecil nilainya/angkanya, maka layer/gambar Anda akan semakin transparan.

M. Fill Opacity
Icon ini digunakan untuk mengatur tingkat transparansi layer. Namun tidak sama dengan Opacity, karena Fill ini tidak mengatur bagian yang merupakan Layer Style. Jadi pilihan Fill ini akan bermanfaat jika Anda juga menerapkan Layer Style.

Demikina penjelasan mengenai Layer pada Adobe Photoshop CS6
Semoga bermanfaat
Salam Art


Pallet Color

Pallet Color